Jumat, 22 Juni 2012

mengenal Corel Draw












1. Pengenalan Email Client


Corel Draw adalah software yang berfungsi sebagai pengolah gambar. Dalam dimaksudkan gambar dalam arti yang luas atau lebih tepanya untuk menciptakan suatu desain grafis.

Jenis gambar yang dibuat dengan komputer dapat dibedakan berdasarkan format yang digunakan. Ada gambar dengan format bitmap dan format vektor.

Gambar bitmap dapat didefinisikan sebagai gambar dibuat dari kumpulan titik-titik yang disebut pixel, yang dapat disusun dan diwarnai sehingga membentuk sebuah gambar. Sedangkan gambar vektor adalah rangkaian titik-titik yang tergabung dalam sebuah garis.

Pada gambar vektor, sebuah gambar adalah sebuah objek sebagai suatu esatuan, garis-garis sebagai penyusunnya tidak dapat dipecah. Berbeda dengan gambar bitmap yang tiap-tiap pixel penyusunannya dapat di pecah. Sebagai contoh jika kita menggambar dengan Paintbrush (bitmap) maka gambar dapat dihapus sebagian dengan tool pengahapus sedangkan dengan CorelDraw (vektor), karena sebuah gambar adalah satu kesatuan maka tidak dapat dihapus sebagian melainkan harus di „delete‟.

Lalu apa istimewanya gambar vektor ini dibandingkan dengan gambar bitmap. Pada gambar bitmap, penambahan ukuran gambar akan menyebabkan penambahan jumlah pixel sehingga membut gambar nampak “bergerigi”, sedangkan pengurangan ukuran menyebabkan beberapa pixel terhapus sehingga mengubah bentuk gambar. Berbeda dengan gambar vektor, pembesaran atau pengecilan gambar tidak akan mempengaruhi bentuk gambar.

CorelDraw adalah software untuk mengambar dengan format vektor. Selain kualitas gambar yang dihasilkan sangat halus, Corel Draw dilengkapi fasilitas tools-tools yang mempermudah bagi seorang desainer menciptakan karya-karya yang indah dan spektakuler.

Apa saja kelebihan Corel Draw sebagai pengolah gambar akan kita dapati dalam penjabaran pada bab-bab selanjutnya dalam buku ini. Akan tetapi secara garis besar Corel Draw memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam hal interface (tampilan) yang interaktif, kemampuan produktivitas yang efisien, tool-tool yang interaktif, efek-efek khusus, fasilitas pewarnaan dan kualitas pencetakan yang optimal.

2. Menjalankan Corel Draw


Sebelum Menjalankan Corel Draw pastikan bahwa software sudah terinstall di komputer kita. Agar tampilannya bagus, maka konfigurasi hardware minimal untuk Corel Draw 9 disarankan:
PC kompitable dengan prosessor Pentium 133 Hertz RAM 32 MB Monitor SVGA minimal 256 warna (VGA Card 4 atau 8 MB) Space harddisk minimal 300 MB

Langkah-langkah menjalankan program :
1. Strat
2. Program
3. Corel Draw 9
4. Corel Draw 9
5. Pilih New Grapihc




Pengenalan Corel Draw


Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF Untuk mempermudah menjalankan program diatas kita buat saja dia sebagai Sourchat. Sebagai berikut:




3. Mengenal tampilan Corel Draw


Setelah program dijalankan, akan tampil layer Corel Draw. Seperti halnya telah kita
ungkap di atas bahwa Corel Draw mempunyai interface yang interaktif, dilengkapi dengan toolbar yang mudah digunakan




Bagian-bagian layer Corel Draw :

Menu Bar, adalah baris (bar) berisi nama-nama menu yang terdapat pada program Corel Draw. Bar ini ditampilkan dibagian atas window program dibawah Judul Corel Draw. Terdiri atas File, Edit, Layout, Arrange, Effect, Bitmaps, Text, Tools, Window, Help.

Toolbar Standart, adalah kumpulan tombol yang disediakan untuk mengakses secara cepat serangkaian perintah yang diperlukan. Toolbar ini bermacam-macam jenisnya, Toolbar Standart adalah salah satunya yang merupakan kumpulan perintah yang biasa digunakan dalam setiap program aplikasi seperti New, Open, Print, Cut, Copy, Paste, Undo, Redo.

Drawing Page, adalah kotak kertas berwarna putih yang terdapat pada tengah-tangah window Corel Draw merupakan area tempat membuat gambar baru. Kotak tersebut juga merupakan batas area percetakan.
Property Bar, baris property (keterangan) dari objek yang kita kerjakan, yang komponennya berbeda untuk objek yang berbeda. Suatu contoh kita membuat sebuah objek rectangle (kotak) maka pada property bar terdapat rectangle round corner yaitu suatu fasilitas untuk mengubah ketajaman sudut pada segi empat, sedangkan jika kita membuat objek berbentuk ellips maka pada property bar akan tersedia fasilitas seperti pie, arc, starting and ending angles. Nilai-nilai properti ini dapat langsung di ubah ukurannya langsung dan property bar tanpa perlu mengakses menu.

Toolbox, adalah kumpulan tombol biasanya diletakkan disebelah kiri jendela aplikasi yang digunakan untuk mengakses secara cepat alat-alat yang diperlukan untuk membuat gambar.

Color Pallete, adalah cara tercepat untuk memilih warna yang tersedia dilayar monitor. Jika dilayar terdapat warna yang betul-betul sesuai dengan yang kita inginkan, maka sebenarnya Corel Draw menyediakan berbagai type pemilihan warna yang sempurna.

Ruler, grid , dan guidline diciptakan untuk membantu kita mengambar dan mengantur objek dengan ketelitian yang tinggi. Grid adalah titik-titik pada layar yang berfungsinya sebagai patokan untuk membuat perataan gambar secara tepat. Ruler, juga merupakan patokan yang membantu kita untuk memperkirakan letak gambar dan ukurannya didalam kertas gambar. Sedangkan guidline adalah garis yang dapat ditambahkan pada gambar untuk membantu memperkirakan perataan objek dalam gambar. Secara default, guidline ini tidak akan muncul jika diprint.

Status Bar, adalah tampilan tentang informasi yang berhubungan dengan objek (gambar), operasi yang sedang berjalan dan posisi mouse. Kita juga dapat memilih sendiri isi Statsus Bar, tampilan dan letaknya dalan jendela program.

4. Mengenal Tool Bar

Adalah kumpulan tombol yang disediakan untuk mengakses secara cepat serangkaian perintah yang diperlukan. Toolbar dalam Corel Draw jumlahnya sangat banyak, jika kita menampilkan semuanya pada saat bekerja, bukannya membantu kita bekerja mungkin akan berakibat menganggu karena akan mempersempit ruang pada lembar kerja kita. Oleh karena itu sebaiknya kita hanya mengaktifkan beberapa saja sesuai dengan kebutuhan.

Cara mengaktifkan toolbar :
1. Tools
2. Options, lalu pilih Coutomize
3. Lalu pilih Toolbars dengan cara clik pada kotak cek Toolbars.
4. OK










5. Keluar dari program corel draw

Untuk mengakhiri program Corel Draw, dengan perintah adalah :












Tidak ada komentar:

Poskan Komentar